REVIEW GAME PAC–MAN
Pac-man
Pacman adalah sebuah permainan video arkade yang cukup
terkenal. Cara bermainnya mudah yaitu pemain (pacman) diharuskan memakan
makanan (berbentuk titik-titik kecil) dan sebuah bulatan besar (energizer)
sampai habis di dalam sebuah labirin yang berliku-liku. Tidak hanya
menghabiskan makanan tersebut, pemain juga harus menghindari 4 ‘hantu’ yang
berkeliaran secara random untuk menangkap pemain. Jika pemain bertemu dengan
hantu-hantu tersebut maka pemain dinyatakan gagal dan harus mengulangi dari
awal lagi. Pemain dinyatakan menang jika semua makanan habis tak tersisa dan
pemain akan memasuki level berikutnya.
Pergerakan para hantu ini dipengaruhi oleh kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI), dimana para hantu diberi kecerdasan untuk menentukan langkah dan mengambil keputusan akan bergerak kemana dengan menentukan rute yang paling pendek (minimum),
Pergerakan para hantu ini dipengaruhi oleh kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI), dimana para hantu diberi kecerdasan untuk menentukan langkah dan mengambil keputusan akan bergerak kemana dengan menentukan rute yang paling pendek (minimum),
Gameplay game Pac-man
Game yang hanya dapat di mainkan Single Player ini
hanya meiliki 5 nyawa Tujuan dari permainan ini adalah menghabiskan pill
yang berada di arena. Jika pill sudah habis maka permainan akan dilanjutkan ke
level selanjutnya. Ketika pacman sedang memakan pill, pacman tidak boleh
tertangkap oleh keempat hantu. Akan tetapi, setelah pacman memakan
power pill, Hantu akan berubah menjadi edible ghost dalam waktu 10 detik dan
pacman dapat memakan ke 4 hantu tersebut. Setelah di makan 4 hantu tersebut
akan kembali ke titik Spawn awalnya.
Untuk batasan Score dan
Lv dalam Pacman seharusnya tidak ada tetapi pada tingkat Lv-256 terdapat bug
yang menyebabkan gambar di layar tidak beraturan dan karena itu Pac-Man tidak
dapat terus dimainkan melewati tingkat tersebut.
Fiture
Power pill : Berfungsi untuk membuat hantu menjadi
edible ghost selama 10 detik kita dapat memakan 4 charcter hantu tersebut
Lorong Warp : Befungsi untuk berpindah tempat
menuju lorong lainnya dalam suatu arena
Buah : Berfungsi sebagain point tambahan bila
berhasil memakannya
Character game Pac-man
Bicara
tentang karakter dalam game Pacman hanya ada lima karakter sederhana yaitu satu
tokoh utama yaitu pacman yang berwarna kuning,serta musuhnya yang berupa 4
hantu yang mempunyai karakter masing-masing yang berbeda dan unik. Mungkin
sobat yang sudah pernah memainkan game pacman pasti sadar dengan pola
gerakan 4 character hantu tersebut.
Hantu
merah yang tanpa henti akan mengejar Pacman sepanjang permainan. Akabei (赤ベイ)
nama aslinya ini sangat aggresive dan lebih cepat daripada si pinky dan menurut
para gamers,kalo kalian maen pacman,setiap kalian makan pellet (yg
kuning-kuning itu) bakal membuat si blinky makin mengejar kalian!
Hantu
berwarna pink yang akan memposisikan dirinya 32 pixel dari mulut Pac-Man. Pinky
(ピンキー), yang mana karakternya itu menurut
sidesainer adalah sang pengejar. mempunyai karakter galak dan pintar dalam
mencari lorong terdekat untuk menangkap si pacman
Hantu biru Inky, menempatkan diri pada posisi-posisi tertentu saja. Aosuke (青助),yang mana karakternya itu menurut sidesainer adalah pemalu.Inky atau hantu biru akan menghindari pacman sebisa mungkin,tapi kalo sudah dekat dia akan berusaha mengejarnya.
Hantu
paling lamban,oon dan sangat penakut.Clydeaka pokey bergerak dalam Pacman
world kemana dia suka.Kalaupun ketemu si pacman biasanya itu kebetulan.Bahkan
saking penakutnya,si clyde ini selalu dikhawatirkan hantu lainnya. Guzuta (愚図た)
adalah Nama aslinya
Game Contoller
Dalam Game Pacman hanya terdapat 4 buah Controller
yaitu (up , right, down ,left ) yang berfungsi menentukan arah gerakaan
Pacman dalam suatu labirin Arena
Penentuan Score
Penentuan Score dalam pacman tidak hanya tergantung
dari Lv nya, klo tidak salah di dalam Game Pacman Player juga akan mendapatkan
Score tambahan bila berhasil memakan salah 1 hantu dan akan berlaku kelipatan
score bila kita memakan hantu” lainnya.
Decision Maker
Decision Making adalah serangkaian algoritma yang
dirancang dengan memasukan beberapa kemungkinan langkah yang bisa diambil oleh
suatu aplikasi, Pada game ini decision making memberikan kemampuan suatu
karakter untuk menentukan langkah apa yang akan diambil. Decision making
dilakukan dengan cara menentukan satu pilihan dari list yang sudah dibuat pada
algoritma yang dirancang.
Decision Tree
Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan metode
klasifikasi dan prediksi yang sangat kuat dan terkenal. Metode pohon keputusan
mengubah fakta yang sangat besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan
aturan. Aturan dapat dengan mudah dipahami dengan bahasa alami. Aturan ini juga
dapat diekspresikan dalam bentuk bahasa basis data seperti SQL untuk mencari
record pada kategori tertentu. Pohon keputusan juga berguna untuk
mengeksplorasi data, menemukan hubungan tersembunyi antara sejumlah calon variabel
input dengan sebuah variabel target. Karena pohon keputusan memadukan antara
eksplorasi data dan pemodelan, pohon keputusan ini sangat bagus sebagai langkah
awal dalam proses pemodelan bahkan ketika dijadikan sebagai model akhir dari
beberapa teknik lain
Path making
Metode path making paling mudah ditemui pada game-game bertipe
strategi dimana kita menunjuk satu tokoh untuk digerakkan ke lokasi tertentu
dengan mengklik lokasi yang hendak dituju. Si tokoh akan segera bergerak ke
arah yang ditentukan, dan secara “cerdas” dapat menemukan jalur terpendek
ataupun menghindari dari rintangan-rintangan yang ada.
Salah
satu algoritma Path making yang cukup
umum dan yang paling banyak digunakan utnuk mencari jarak terpendek secara
efisien adalah A*Searching.
Algoritma
A*Searching adalah mendefinisikan area pencarian menjadi sekumpulan node-node
(tiles). Titik awal dan titik akhir ditentukan terlebih dulu untuk mulai
penelusuran pada tiap-tiap node yang memungkinkan untuk ditelusuri. Dari sini,
akan diperoleh skor yang menunjukkan besarnya biaya untuk menempuh jalur yang
ditemukan, ditambah dengan nilai heuristik yang merupakan nilai biaya estimasi
dari node yang ada menuju tujuan akhir. Iterasi akan dilakukan hingga akhirnya
mencapai target yang dituju.
BLOG
INI HANYA UNTUK TUGAS MATA KULIAH SOFTSKILL BUKAN UNTUK KOMERSIAL
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar