Rabu, 28 Maret 2018


Arsitektur Web dan Aplikasi Utama (Http, Html, dan Web Server)

(Tugas Softskill)

Apa Itu Arsitektur Web
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0.

Aplikasi utamanya

HTML
HTML kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web surfer.dokumen ini umumnya berisi informasi atau interface aplikasi di dalam internet

HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

Webserver
Web pada umumnya diimplementasikan dalam bentuk client server. Bentuk client server ini wajib hukumnya untuk website dinamis yang menggunakan kode server side, karena software parser untuk kode-kode server side ini diletakkan di server. Server untuk web ini sering disebut webserver. jadi webserver adalah tempat diletakkan file-file web. Kata webserver sendiri dapat mengacu 2 hal, yang sebenarnya sama, Cuma ruang lingkupnya berbeda:
1. Program komputer yang bertanggung jawab untuk menerima permintaan HTTP dari client dan kemudian merespornnya dengan respon HTTP dengan disertai konten lainnya.
2. Komputer yang menjalankan program server seperti arti nomor 1. Namun yang nomor 2 ini lebih luas dan mengacu kepada keseluruhan komputer dan bukan hanya program di dalamnya saja.

Pengertian WEB Content

Content dalam website adalah segala sesuatu yang dapat dilihat oleh pengunjung baik berupa gambar, tulisan, animasi, video, suara, tombol navigasi dan sebagainya. Jadi jika kita mengunjungi suatu website sebenarnya yang kita kunjungi adalah content. Pengaturan content ini dilakukan pada saat pemograman website (coding), entah itu jenis contentnya, warna, posisi dan sebagainya.

      Database secara arti adalah basis data, lebih jauh lagi database adalah suatu kumpulan data yang digunakan untuk mengelola website, jika hubungannya dengan content web database maka database digunakan meyimpan content-content dalam website, yang kemudian difungsikan sebagai pusat pengaturan/manajemen content.

Konsep inilah yang dipakai dalam Content Managemen Sistem (CMS). Content  Management System atau sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah.

CONTOH WEB CONTENT
 1.   News Website (Website Berita)
Website berita atau situs portal berita adalah website yang memuat konten berita dan informasi terkini dari bermacam kategori peristiwa, biasanya website berita disebut juga website portal, artinya segala bentuk informasi terbaru dan terkini bisa di dapatkan melalui website kategori ini.
Pada saat internet menjadi media informasi tercepat dan terakurat, maka banyak publik internet memanfaatkan website berita menjadi sumber bacaan utama, tak jarang dari para pemilik internet menjadikan website berita ini menjadi website yang wajib dikunjungi setiap harinya.
Website berita pun menjadi lebih populer dibandingkan media lainnya dikarenakan informasi yang diberitakan benar-benar baru, akurat dan up to date, sehingga saat ini banyak para pembaca berita beralih dari berlangganan koran atau majalah, menjadi berlangganan internet hanya untuk membaca situs berita.
Contoh dari Kategori Web Berita :  http://www.detik.com/        
2.    Educational website
Web site yang menawarkan jasa pengajaran formal maupun informal. Beberapa perusahaan menawarkan beberapa training online dan beberapa universitar juga menawarkan jasa kelas online.
Contoh dari Educational website  :   http://www.education.gov.uk/
       http://pendidikan.net/




Blog ini saya buat hanya untuk tugas matakuliah softskill bukan untuk komersial

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar